"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful; All the praises and thanks be to Allah, the Lord of the 'Alamin; The Most Gracious, the Most Merciful; The Only Owner of the Day of Recompense; Only to You, we worship and we ask for help;Guide us to the Straight way; The way of those on whom You have bestowed Your Grace, not (the way) of those who earned Your Anger, nor of those who went astray."

Sabtu, 17 September 2011

Berpikir Positif : Berpikir Benar

Pikiran Positif adalah pikiran yang dapat membangun dan memperkuat kepribadian atau karakter. Dan menjadikan kita pribadi yang lebih matang, lebih berani dalam tantangan, dan hebat dalam segala hal. Tentunya membuat kita bahagia di Dunia dan di Akhirat. 

Pascal pernah berkata: 

"Pikiran positif datang dari kepercayaan, pikiran negatif datang dari keragu-raguan; rasa takut yang benar adalah rasa takut yang digabungkan dengan harapan, karena itu lahir dari kepercayaan, serta kita berharap pada Tuhan yang kita yakini; sementara rasa takut yang salah digabunakan dengan keputusasaan, karena kita takut pada Tuhan; beberapa orang takut kehilangan-Nya, sementara yang lain takut mencarinya." 

So, jangan pernah meragukan kemampuan kita, tapi kita harus percaya dan yakin pada kemampuan kita. Kita juga seharusnya tak pantas untuk menjadikan 'membuat alasan' sebagai kebiasaan kita. Sikap seperti ini tak akan bisa membuat kita menjadi pemenang dalam kehidupan ini. Sikap seperti inilah yang azkan membunuh ambisi, melemahkan kemauan, dan membahayakan diri sendiri. 

Orang-orang yang selalu dikelilingi oleh ketakutan tak tahu berapa banyak pikiran-pikiran negatif yang mempengaruhi mereka tiap harinya. Mereka membatasi diri mereka sendiri dengan sugesti bahwa keterbatasan mereka menghalangi mereka untuk sukses, dan mereka juga percaya bahwa diri mereka tidak berharga. Mereka tidak berpikir bagaimana caranya agar sukses, tapi mereka justru berpikir bagaimana mereka bisa gagal. 

Dalam membangun kebiasaan berpikir positif , dengan hanya melihat yang terbaik dalam diri Anda dan orang lain, percaya bahwa Anda mampu melakukan hal-hal besar. Perlu ditekankan bahwa pikiran kita memang suatu hal yang akan menentukan keberhasilan kita. Apa yang Anda lakukan kemarin menentukan diri Anda hari ini, dan apa yang Anda lakukan hari ini akan menentukan diri Anda esok hari.

Memang sulit untuk terus berpikir positif ketika keadaan kita berlawanan dengan mimpi-mimpi kita. Namun, ketika kita membiasakan diri untuk terus berpikir positif, maka kebiasaan tersebut akan menjadi suatu daya tarik bagi kita. Pikiran baik kita lama kelamaan akan menjadi pikiran besar, sehingga kita akan bisa melakukan hal-hal yang kelihatannya mustahil. 

Jangan meremehkan pikiran yang ada dalam kepala sejak Anda bangun tidur. Pikiran Positif ketika mengawali hari akan dapat mengubah rasa takut menjadi keberanian. Pikiran tersebut dapat menggerakkan Anda untuk berbuat hal-hal besar. 

Nah, bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif dalam diri? Melakukan afirmasi seperti "Saya tidak takut," "Saya bukan orang lemah , atau "Saya bukan orang gagal." saja tidak cukup. Mengapa? Karena fokus pada hal positif akan lebih konstruktif. Maka, Anda perlu menghindari penggunaan kata-kata negatif seperti "takut", "lemah", dan "gagal". Katakan saja "Saya percaya diri", "Saya kuat", "Saya sukses",  dan seterusnya. Lakukan afirmasi seperti ini dengan penuh semangat dan keyakinan.

Tetapi perlu ditekankan bahwa afirmasi harus diikuti dengan Real Action. Tanpa Real Action, maka semua itu akan sia-ssia. Ketika berkata "saya berani , maka harus mendemonstrasikannya dalam kehidupan nyata. Meyakini dan mempercayai apa yang Anda afirmasikan itu tidaklah cukup, melainkan Anda juga harus mempraktekkannya. 

Dan cara lain menghilangkan pikiran negatif yaitu fokuskan diri pribadi pada potensi Anda. Dengan mulai membuat penilaian yang jujur tentang kemampuan diri. Tapi, fokus pada hal-hal yang bisa di lakukan. Bukan pada hal negatif, yaitu kelemahan Anda. 
Once again, fokus pada apa yang bisa Anda lakukan, fokus pada potensi Anda. 

Akhir kata, mari terus berpikir positif. Arahkan pikiran pada hal-hal besar dan inspiratif. Dengan berpikir positif kita akan miliki apa yang orang lain miliki dan kita akan di banggakan oleh diri sendiri dan orang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...