"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful; All the praises and thanks be to Allah, the Lord of the 'Alamin; The Most Gracious, the Most Merciful; The Only Owner of the Day of Recompense; Only to You, we worship and we ask for help;Guide us to the Straight way; The way of those on whom You have bestowed Your Grace, not (the way) of those who earned Your Anger, nor of those who went astray."

Selasa, 20 September 2011

Apa Sih itu Cinta...???

Pada kesempatan ini saya ingin sedikit memaparkan kepada teman-teman tentang “Apa Sih itu Cinta”. Ada yang bilang cinta itu takdir, cinta itu buta, cinta itu indah, cinta itu emosi, cinta itu kagum atau menyukai sesuatu, dan lain sebagainya. Pernyataan diatas adalah benar semuanya, namun terlepas dari itu, Ilmu Pengetahuan mengatakan bahwa cinta itu adalah proses biologis berupa reaksi kimia didalam tubuh. Pasti Anda akan bertanya-tanya, reaksi kimia apa...?? Ok, langsung sj saya jelaskan. 

Cinta dipengaruhi oleh pelepasan hormon/neurotransmitter. Hormon berasal dari bahasa Yunani “Horman” yang berarti “menggerakan”, atau dengan kata lain hormon adalah pembawa pesan kimiawi antar sel atau antar kelompok sel. Berbeda dengan feromon yang dapat menyebar keluar tubuh dan hanya dapat mempengaruhi dan dikenali oleh individu lain yang sejenis (satu spesies), hormon hanya dapat menyebar di dalam tubuh. Saat kita mencintai seseorang maka dilepaslah hormon-hormon yang membuat tubuh kita bereaksi, merasakan berbagai perasaan dan emosi. 

Salah satu hormon yang dikeluarkan oleh tubuh itu adalah Dopamin. Dopamin ini memiliki efek selayaknya kokaine. Ketika Anda bertemu seseorang yang Anda sukai, hormon dopamine ini bekerja dan sifatnya addictive. Artinya mereka yang menyukai pasangannya seakan-akan ketagihan untuk terus bertemu dengan orang yang disukainya itu. 

Dopamin ini menciptakan energi intens, kegembiraan, dan fokus perhatian, sehingga ketika Anda baru jatuh cinta, Anda dapat tetap terjaga sepanjang malam, mendaki gunung lebih cepat, dan menekan batas kemampuan Anda. Cinta membuat Anda lebih berani menjalani risiko yang biasanya tidak Anda ambil. Bahkan resiko bunuh diri pun pasti dilakukan. (ih...seremmm.....!!!). 

Nah, uda tau kan? So, klw ada yang bertanya tentang apa itu cinta, maka jawablah seperti apa yang dijelaskan diatas. Sebagai orang yang terpelajar dan berilmu pengetahuan maka jawabannya atau ucapannya haruslah berdasarkan ilmu pengetahuan.

Sekian dulu teman-teman, sampai ketemu lg di pembahasan berikutnya dan tentunya masih tentang Cinta berdasarkan Ilmu pengetahuan.

See you again...!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...