"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful; All the praises and thanks be to Allah, the Lord of the 'Alamin; The Most Gracious, the Most Merciful; The Only Owner of the Day of Recompense; Only to You, we worship and we ask for help;Guide us to the Straight way; The way of those on whom You have bestowed Your Grace, not (the way) of those who earned Your Anger, nor of those who went astray."

Jumat, 09 Desember 2011

Tips Belajar Efektif


Memahami dan menguasai pelajaran bukan hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. Mungkin anda telah melakukan banyak cara agar dapat memahami dan menguasai pelajaran tersebut, mulai dari belajar di pagi hari, siang, sore, atau pun malam hari. Namun, bila kita tahu bagaimana cara belajar yang baik / cara belajar efektif  maka kita tidak akan mengalami kesulitan bahkan belajar akan terasa menarik dan selalu ingin belajar dan belajar lagi.

Untuk kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa tips belajar efektif agar dapat dengan mudah memahami dan menguasai pelajaran yang ingin teman-teman pelajari. Langsung saja simak tips-tips berikut ini:
1.        Berdo’a
Tentunya berdoa adalah hal yang paling penting dalam melakukan atau mengerjakan segala sesuatu, termasuk ingin belajar. Memohonlah kepada Allah SWT, Yang Maha Berilmu agar terhindar dari segala gangguan, diberikan kemudahan dalam belajar dan apa yang dipelajari dapat bermanfaat. INGATLAH...!!!  ilmu itu adalah milik Allah, maka mintalah ilmu dari yang Maha Berilmu.
2.        Waktu Yang Tepat
Saat ingin belajar pililah waktu yang tepat yang dipelajari dapat di pahami dengan baik. Setiap individu memiliki waktu yang berbeda – beda dalam hal belajar, ada yang merasa belajar di malam hari membuat dirinya lebih konsentrasi, ada juga yang belajar sebelum tidur, dan masih banyak lagi waktu yang dapat digunakan untuk belajar. Dan tentunya hanya anda sendiri yang tahu waktu yang tepat bagi anda untuk belajar. Tetapi, waktu subuh atau sesudah shalat subuh (bagi mislim) adalah waktu yang sangat baik karena disaat itu pikiran atau otak dalam keadaan fresh/segar.
3.        Suasana Tenang
Suasana lingkungan sekitar merupakan hal yang perlu diperhatikan juga. Jadi, sebaiknya anda memilih suasana yang tidak berisik atau dalam keadaan yang tenang, sehingga konsentrasi belajar tidak terganggu oleh suara-suara yang berisik. Dengan suasana yang tenang dan nyaman, maka materi yang sedang dipelajari dapat lebih mudah di cerna dan di pahami. Belajar efektif juga memperhatikan kondisi psikologis, bukan hanya kondisi fisik dan fasilitas.
4.        Tempat Nyaman
Dalam memilih tempat untuk dapat belajar efektif, diperlukan tempat yang memiliki tingkat kenyamanan yang baik agar anda dapat belajar secara lebih santai sehingga otak anda dapat lebih mudah mencerna pelajaran tersebut.
5.        Sedikit Demi Sedikit
Sedikit demi sedikit merupakan cara belajar yang baik dan benar. Ketika belajar, sebaiknya jangan sekaligus, lakukanlah secara bertahap. Jika kita belajar secara sekaligus, maka hal tersebut akan membuat otak menjadi cepat lelah karena tidak mampu mencerna informasi yang terlalu banyak. Pada akhirnya, Anda akan merasa tertekan, bahkan dalam keadaan tertentu Anda dapat merasakan depresi atau down.
6.        Membuat Resume / Ringkasan
Membuat sebuah ringkasan dari materi yang harus dipelajari adalah cara yang efektif untuk belajar. Dengan membuat ringkasan, maka setidaknya Anda telah membaca materi yang dipelajari, untuk kemudian menuliskannya kembali. Secara tidak langsung otak merekam informasi yang sedang Anda ringkas, sehingga Anda akan lebih mudah mengingatnya melalui tulisan yang diringkas tersebut.
7.        Membuat Kelompok Belajar
Jika kita belajar secara sendiri tanpa ada teman atau guru yang membantu, tentunya akan membuat kita memerlukan waktu yang lama jika menghadapi soal atau masalah yang sulit. Membuat kelompok belajar akan memudahkan anda sewaktu menghadapi pertanyaan atau masalah yang tidak dapat diselesaikan sendiri. Dengan dibentuknya kelompok belajar, maka anda dapat saling bertukar pikiran dan berdiskusi antar anggota kelompok, sehingga anda dapat lebih mudah untuk menyelesaikan permasalah yang ada.
Membuat kelompok belajar adalah tips belajar efektif yang sangat dianjurkan. Namun satu hal yang pasti, Anda harus selektif dalam memilih anggota kelompok belajar. Karena jika Anda salah memilih maka hal itu tidak akan menyelesaikan permasalah yang ada.

Demikianlah Tips Belajar Efektif yang dapat saya bagikankepada Anda semua. Cara diatas meruapakan caraBelajar Efektif yang sangat bagus. Semasa saya kuliah, telah saya terapkan dalam proses belajarku dan Alhamdulillah sangat efektif. Semoga bermanfaat dan semoga membuat Anda lebih berprestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...